Komunikasi dalam organisasi

NURAZIIZA PUSPITASARI (38114200)
IM YANG KRISNA (35114206)

Tugas 2 SIM (Sistem Informasi Manajemen)


Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan cara-cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.

Satu hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.

Soal

1.      Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?

2.      Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?

Jawab
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah , sehingga memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa gambar , suara , huruf , angka , atau simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan , objek , kejadian atau suatu konsep.
Sedangkan ,  Informasi adalah hasil pengolahan dari data dan memiliki nilai tertentu , dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi penerimanya.

Dalam kasus diatas data yang bisa di proses menjadi informasi yaitu Rizky mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang dijualnya  dan risky mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut .


Saran untuk kasus diatas manajemen perusahaan harus mampu memberikan kinerja terbaik dan harus mampu untuk melihat segala peluang yang ada . perusahaan juga seharusnya selalu menjaga hubungan baik dengan konsumen  , perusahaan juga harus memikirkan bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen baik itu dalam hal perawatan maupun penjualan mobil . dan perusahaan harus mampu memanfaatkan peluang yang ada agar dapat memajukan perusahaan itu sendiri ,  perusahaan juga dituntut lebih kreatif agar tidak kalah saing dengan perusahaan yang lainnya karena di era teknologi ini persaingan begitu pesat dan begitu kompetitif.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM DAN ALAT PEMBAYARAN ELEKTRONIK