Komunikasi dalam organisasi
NURAZIIZA
PUSPITASARI (38114200)
IM
YANG KRISNA (35114206)
Tugas
2 SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Anda
adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat, pemegang saham
mayoritas dari kelompok 5 dealer
mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta Anda untuk menghabiskan
beberapa hari di Rizki Mobilku, sebuah dealer
yang tidak memberikan kinerja sesuai dengan potensinya. Anda tidak
diperkenankan “mencari masalah”, sebagai gantinya, tugas Anda adalah menemukan
cara-cara untuk membantu manajemen di dealer
tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Satu
hari ketika Anda sedang berbicara dengan Pramono, manajer penjualan untuk Rizki
Mobilku, Anda menyadari bahwa dealer
hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi ia tidak menyadari potensi dari
informasi yang telah dikumpulkannya untuk pengambilan keputusan manajerial.
Sebagai contoh, Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari
setiap mobil yang dijualnya, tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil
tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Rizki Mobilku tahu bahwa orang
yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan
mobil baru lain 10 tahun kemudian, tetapi dealer
tidak menghubungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
Soal
1.
Berdasarkan kasus Rizki Mobilku, jelaskan perbedaan antara data dan informasi.
Data apa yang sebaiknya diproses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
2.
Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan
kompetitif?
Jawab
Data adalah sesuatu
yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih bersifat mentah , sehingga
memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berupa gambar , suara , huruf ,
angka , atau simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk
melihat lingkungan , objek , kejadian atau suatu konsep.
Sedangkan , Informasi adalah hasil pengolahan dari data dan memiliki nilai
tertentu , dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi penerimanya.
Dalam kasus diatas data yang bisa di
proses menjadi informasi yaitu Rizky mobilku mengetahui tanggal pembelian dan
pemilik dari setiap mobil yang dijualnya
dan risky mobilku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru
biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian,
tetapi dealer tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut .
Saran untuk kasus diatas manajemen perusahaan harus mampu
memberikan kinerja terbaik dan harus mampu untuk melihat segala peluang yang
ada . perusahaan juga seharusnya selalu menjaga hubungan baik dengan
konsumen , perusahaan juga harus
memikirkan bagaimana memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen baik itu
dalam hal perawatan maupun penjualan mobil . dan perusahaan harus mampu
memanfaatkan peluang yang ada agar dapat memajukan perusahaan itu sendiri
, perusahaan juga dituntut lebih kreatif
agar tidak kalah saing dengan perusahaan yang lainnya karena di era teknologi
ini persaingan begitu pesat dan begitu kompetitif.
Komentar
Posting Komentar