3.5 JELASKAN ELEMEN PENGENDALIAN INTERNAL VERSI COSO
Struktur pengendalian internal COSO
dikenal sebagai Kerangka Kerja Pengendalian Internal yang Terintegrasi
(COSO-Internal Control Integrated Framework) yang terdiri dari 5 komponen yang
saling berhubungan. Komponen ini didapat dari cara manajemen menjalankaan
bisnisnya, dan terintegrasi dengan proses manajemen.
Untuk memberikan kepastian yang layak
bahwa tujuan pengendaliannya akan tercapai.
Komponen
pengendalian COSO meliputi hal-hal berikut ini :
1. Lingkungan pengendalian
Lingkungan pengendalian berfungsi sebagai payung bagi
keempat komponen lainnya. Untuk memahami dan menilai lingkungan pengendalian,
auditor harus mempertimbangkan subkomponen pengendalian yang paling
penting,yaitu ;
Integritas dan nilai-nilai etis
Komitmen kepada kompetensi
Partisipasi dewan komisaris atau
komite audit
Filosofi dan gaya operasi manajemen
struktur organisasi
Kebijakan dan praktik sumber daya
manusia
2. Penilaian risiko
Penilaian risiko (risk assessment) atas laporan
keuangan adalah tindakan yang dilakukan manajemen untuk mengidentifikasi dan
menganalisis risiko-risiko yang relevan dengan penyusunan laporan keuangan yang
sesuai GAAP
3. Aktivitas pengendalian
Aktivitas pengendalian (control activities) adalah
kebijakan dan prosedur, selain yang sudah termasuk dalam epat komponen lainnya,
yang membantu memastikan bahwa tindakan yang diperlukan telah diambil untuk
menangani risiko guna mencapai tujuan entitas.
Aktivitas
pengandalian umum dibagi menjadi lima jenis berikut ini, yang akan dibahas
berikutnya:
v Pemisahan tugas yang memadai
v Otorisasi yang sesuai atas transaksi
dan aktivitas
v Dokumen dan catatan yang memadai
v Pengendalian fisik atas aktiva dan
catatan
v Pemeriksaan kinerja secara
independen
4. Infornasi dan komunikasi
Tujuan sistem informasi dan komunikasi akuntansi dari
entitas adalah untuk mencatat, memroses, dan melaporkan transaksi yang
dilakukan entitas itu serta mempertahankan akuntabilitas aktivitas terkait.
Untuk memahami perancangan sistem informasi akuntansi,
auditor akan menentukan :
v kelas transaksi utama entitas;
v bagaimana transaksi dicatat;
v catatan akuntansi apa saja yang ada
serta sifatnya;
v
bagaimana
sistem itu menangkap peristiwaperistiwa lain yang penting bagi laporan
keuangan, seperti penurunan nilai aktiva;
v sifat serta rincian proses pelaporan keuangan
yang diikuti, termasuk prosedur pencatatan transaksi dan penyesuaian dalam buku
besar umum.
5. Pemantauan
Aktivitas pemantauan berhubungan dengan penilaian mutu
pengendalian internal secara berkelanjutan atau periodik oleh manajemen untuk
menentukan seperti yang diharapkan dan telah dimodifikasi sesuai dengan
perubahaan kondisi.
Komentar
Posting Komentar